FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud rasa persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia yang terdiri dari beragam suku, budaya, bahasa, dan agama. Sebagai rakyat Indonesia, pertama-tama kita harus mengetahui fungsi apa saja yang dimiliki oleh bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi resmi yang kita pakai. Beberapa fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sarana atau alat untuk mengungkapkan perasaan (ekspresi diri). Untuk menuangkan segala sesuatu yang ada di pikiran & perasaan, misalnya sebuah cerita atau yang lainnya atau mendorong kira untuk berekspresi, kita membutuhkan bahasa. Misalnya, seorang mahasiswa yang sedang membuat penulisan ilmiah atau skripsi membutuhkan bahasa untuk dituliskan sehingga bisa mendapatkan apa yang ingin dicapai dalam masa perkuliahan. Ada 2 unsur yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri, yaitu:
a) Agar menarik perhatian orang lain terhadap kita;
b) Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

2. Sebagai alat komunikasi. Kita perlu sebuah alat atau sesuatu untuk mengeluarkan apa yang ada di pikiran kita kepada orang lain agar apa yang kita butuhkan bisa kita dapatkan. Misalnya, saat di jalan kita ingin menanyakan waktu kepada orang lain yang memakai jam tangan, kita membutuhkan bahasa untuk berbicara kepada orang tersebut agar kebutuhan kita untuk mengetahui informasi tentang waktu bisa didapatkan.

3. Sebagai alat untuk mengadakan integrasi (penyatuan) dan adaptasi sosial. Bahasa sebagai alat untuk integrasi adalah apabila kita berada dalam lingkungan yang menggunakan bahasa asing, sudah tentu kita harus menggunakan bahasa yang digunakan pada lingkungan tersebut agar kita bisa berbaur/bersatu dengan masyarakat yang ada dalam lingkungan tersebut. Bahasa sebagai adaptasi sosial adalah apabila kita sedang berkomunikasi di dalam situasi resmi, misalnya dengan guru/dosen, bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa yang kita pakai dalam situasi yang biasa-biasa saja, misalnya dengan teman-teman.

4. Sebagai alat kontrol sosial. Bahasa bisa menggambarkan sikap dan tingkah laku kita kepada orang lain. Misalnya jika kita sedang sedih, kita menggunakan bahasa yang berbeda dengan bahasa yang digunakan bila sedang senang dan itu bisa membuat orang lain tahu bagaimana perasaan kita. Bahasa juga bisa mempengaruhi sikap dan tingkah laku kita. Misalnya, kita mengikuti diskusi atau acara bincang-bincang (talk show) di televisi dan radio, iklan layanan masyarakat atau layanan sosial, bisa memberikan kepada kita cara untuk memperoleh sikap, perilaku, dan tindakan yang baik.

Setelah mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki oleh bahasa, kita perlu mempelajari juga tentang kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang digunakan rakyat Indonesia. Kedudukan yang dimiliki oleh bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

Sebagai Bahasa Nasional : Bahasa Indonesia yang digunakan berasal dari perjuangan rakyat Indonesia yang mati-matian dalam mendapatkan & mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bisa dibuktikan melalui isi dari sumpah pemuda, terutama pada butir yang ke-3 yang berbunyi : “Kami putra putri Indonesia menjujung bahasa persatuan Bahasa Indonesia”, yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu harta sangat berharga yang dimiliki bangsa Indonesia karena dengan bahasa Indonesia, masyarakat Indonesia yang mempunyai berbagai macam bahasa daerah, bisa bersatu padu untuk bersama-sama mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih melalui perjuangan panjang pahlawan di masa lalu.

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai beberapa fungsi, yaitu :
1) Lambang Kebanggaan Nasional.
2) Lambang Identitas Nasional.
3) Alat Pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya.
4) Alat perhubungan antarbudaya antardaerah.

Sebagai Bahasa Resmi Negara : Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara juga mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Secara resmi adanya bahasa Indonesia dimulai sejak Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Bahasa Indonesia merupakan sambungan yang tidak langsung dari bahasa Melayu. Dikatakan demikian, sebab pada waktu itu bahasa Melayu masih juga digunakan dalam lapangan atau ranah pemakaian yang berbeda. Bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa resmi kedua oleh pemerintah jajahan Hindia Belanda, sedangkan bahasa Indonesia digunakan di luar situasi pemerintahan tersebut oleh pemerintah yang mendambakan persatuan Indonesia dan yang menginginkan kemerdekaan Indonesia. Demikianlah, pada saat itu terjadi dualisme pemakaian bahasa yang sama tubuhnya, tetapi berbeda jiwanya, jiwa kolonial dan jiwa nasional.

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara mempunyai beberapa fungsi, yaitu :
1) Bahasa Resmi Kenegaraan.
2) Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan.
3) Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
4) Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Penerapan Bahasa Indonesia di dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.
Dalam berkomunikasi dengan orang lain tentunya kita memerlukan bahasa yang sama dengan yang orang lain gunakan. Faktor lingkungan merupakan salah satu yang membuat orang harus mempelajari bahasa yang dipakai dalam lingkungan tersebut. Indonesia yang mempunyai beragam bahasa juga memerlukan satu bahasa kesatuan yang dimengerti oleh seluruh rakyat Indonesia, yaitu bahasa Indonesia. Penerapan yang seharusnya digunakan adalah dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang baik digunakan sesuai dengan ragamnya, ketika bercengkerama dengan keluarga, berbeda ragamnya dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika dalam acara Formal. Demikian pula dengan yang dimaksud dengan benar, menerapkan bahasa sesuai dengan Kaidah yang berlaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: