KEAMANAN SISTEM OPERASI TERHADAP VIRUS

A. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke user sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
B. Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah suatu program komputer buatan manusia yang dapat merusak sistem operasi komputer dengan cara menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Namun, tidak semua virus dipergunakan untuk merusak, ada juga yang digunakan untuk melindungi hasil karya sendiri.
C. Jenis-jenis Virus Komputer
Menurut cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan menjadi :
1. Worm adalah virus yang menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
2. Trojan adalah virus yang mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
3. Hacking merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses halaman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.
4. Backdoor adalah jenis virus yang hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
5. Spyware adalah virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
6. Rogue dan Ransomware merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.
7. Rootkit adalah virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
8. Polymorphic Virus adalah virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
D. Cara virus masuk ke sistem
1. Inisialisasi ke memori
2. Menyalin dirinya ke disk
3. Beraksi
Untuk menjaga keamanan sistem operasi terhadap virus dibutuhkan beberapa cara pencegahan dan yang paling banyak orang pakai adalah penggunaan antivirus. Cara kerja antivirus adalah dengan cara pendeteksian dengan menggunakan basis data dan pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja.
Ada beberapa teknik menghilangkan virus dari komputer bila sudah terlanjur terinfeksi virus. Teknik-teknik berikut dibahas pada sistem operasi Windows XP karena sistem operasi inilah yang paling umum terinfeksi dan paling banyak digunakan. Teknik-teknik tersebut adalah menghapus virus dengan antivirus di komputer lain, menghapus virus dengan sistem operasi lain dan menghapus virus secara manual.
Untuk mencegah virus datang kembali sebaiknya rajin meng-update antivirus atau memasang aplikasi pencegah seperti WinPooch atau Comodo Firewall yang akan memperingatkan pengguna bila ada program lain yang akan memodifikasi sistem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: