MENJADI PENULIS FREELANCE

MODAL IDEAL
Untuk menjadi penulis freelance tidak bisa hanya bermodalkan keinginan, tapi juga memerlukan modal dasar yaitu :
1. Mesin ketik, komputer, dan printer
Meskipun seorang penulis sebetulnya bisa menulis hanya dengan tangan tapi akan lebih mudah jika menggunakan mesin ketik. Tulisan akan lebih rapi dan dapat terbaca dengan jelas, serta dapat menghemat tenaga. Namun akan lebih canggih lagi jika menggunakan komputer berikut printernya karena apabila terjadi kesalahan akan lebih mudah diperbaiki sehingga menghemat tenaga dan waktu.
2. Telepon
Telepon sangat penting bagi penulis freelance karena lewat telepon dapat berkomunikasi dengan pihak redaksi media-media massa cetak.
3. Mesin Faksimili
Diperlukan untuk pengiriman tulisan dan surat menyurat yang membutuhkan waktu cepat.
4. Ruangan Kerja
Agar dapat menulis dengan nyaman dan baik maka seorang penulis membutuhkan ruang kerja yang mendukung agar tidak mengganggu privasi dan konsentrasi.
5. Perpustakaan
Perpustakaan memudahkan penulis untuk mendapatkan referensi atau tambahan informasi untuk memperkaya tulisannya.
6. Lemari Penyimpanan Berkas & Peralatan
TAHAPAN MENEMBUS MEDIA MASSA
 Tahap Penulisan
Tahap pertama yang dilakukan seorang penulis adalah menulis. Menulis apa saja yang diinginkan, misalnya puisi, artikel budaya, sosial politik dan lainnya. Sebaiknya yang ditulis adalah sesuatu yang diketahui. Yang ideal, orang menulis berdasarkan otoritas pengetahuannya. Misalnya, seorang dokter menulis artikel tentang kesehatan atau guru menulis artikel tentang pendidikan. Pasti tulisannya dapat lebih dipercaya daripada penulis biasa.
 Tahap Pengenalan Media
Mengenali fisik dan karakter masing-masing media akan memudahkan penulis dalam pengiriman naskah tulisan. Pengenalan fisik berkaitan dengan 2 hal, yaitu : alamat kantor redaksi dan rubrikasi pada setiap halaman. Sedangkan pengenalan karakter sebuah koran dapat diketahui dengan kecenderungan tema berita dan tulisan yang dipublikasikan.

 Tahap Persiapan Pengiriman Naskah
Pada tahap persiapan naskah tulisan dapat diketik dengan mesin ketik, manual, atau komputer serta dapat juga berbentuk print out dari komputer, bisa pula disimpan dalam media penyimpanan seperti disket, cd, atau usb. Tulisan yang akan dikirimkan harus merupakan naskah asli, bukan fotokopian agar mencegah kecurigaan tindakan plagiarisme. Setelah itu membuat surat pengantar agar penulis dapat menjelaskan maksud pengiriman tulisan dan tujuan pengiriman tulisan.
 Tahap Pengiriman Naskah ke Redaksi
Ada beberapa cara pengiriman tulisan ke redaksi, yaitu dengan cara konvensional, modern, dan cara mutakhir. Cara konvensional adalah mengirimkannya lewat pos atau datang langsung ke kentor redaksi. Cara yang modern adalah mengirimkan tulisan dengan faksimili, dan cara yang mutakhir adalah mengirimkannya lewat internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: