Manajemen Stress Organisasi

Stress dalam organisasi adalah pengaruh dari respon seseorang terhadap suatu organisasi (kelompok orang) baik yang berupa emosi, fisik, & kognitif terhadap situasi yang meminta tuntutan tertentu pada setiap individu.

Faktor-faktor yang menyebabkan stress organisasi :

  1.  Kurangnya kekuasaan, kontrol diri, dan pengeruh pada seseorang yang terkena stress.
  2. Ketidakpastian ekonomi, politik, dan perubahan teknologi yang semakin canggih.
  3. Tuntutan tugas, peranan dalam organisasi, dan tuntutan antarpersonal.
  4. Persoalan dalam keluarga, ekonomi, dan masalah-masalah pribadi lainnya.

Manajemen Stress Organisasi :

  • Menyeleksi pegawai secara personal dan penempatan kerja yang tepat.
  • Pelatihan yang sesuai.
  • Menentukan tujuan yang nyata.
  • Mendesain ulang pekerjaan.
  • Meningkatkan keterlibatan karyawan.
  • Memperbaiki komunikasi antarpersonal dalam suatu organisasi.
  • Menawarkan berbagai macam tunjangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: