Penulisan Laporan

• Pengertian Laporan

Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang ada antara mereka. Laporan juga salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

• Dasar-dasar membuat laporan

1. Kejelasan : kejelasan suatu laporan diperlukan dalam segi pemakaian bahasa, istilah, maupun kata-kata yang mudah dicerna, dipahami, dan dimengerti bagi pembaca. Kejelasan perlu didukung oleh penguasaan materi laporan dari penulis laporan sehingga adanya jaminan kebenaran laporan tersebut.

2. Mengenai sasaran permasalahan : penghindaran pemakaian kata-kata yang membingungkan, juga dalam penyusunan kata-kata maupun kalimat yang harus jelas, singkat, dan tidak membuat pembaca laporan bingung dan tidak mengerti.

3. Lengkap : masalah yang dibahas harus terselesaikan sehingga tidak menimbulkan tanda tanya. Laporan juga harus didukung oleh data-data statistik yang jelas dan lengkap. Pembahasan laporan juga jangan melenceng dari masalah yang akan diselesaikan dalam pembuatan laporan tersebut.

4. Tepat waktu dan cermat : tepat waktu dalam penyerahan laporan sehingga jika terjadi masalah dapat diperbaiki dan tidak terjadi pemborosan waktu maupun tenaga. Oleh karena itu ketepatan waktu dan kecermatan pembuatan laporan sangat dibutuhkan bila laporan tersebut menyangkut tindakan koreksi yang harus ada follow upnya.

5. Konsisten : laporan didukung data-data yang bersifat tetap, akurat, dan tidak berubah-ubah sesuai dengan perubahan waktu dan keadaan akan membuat suatu laporan lebih dapat dipercaya dan diterima.

6. Objektif dan Faktual : pembuatan laporan harus berdasarkan fakta- fakta yang bisa dibuktikan kebenaran-kebenaran maupun dibuat secara objektif.

7. Adanya proses timbal balik : laporan dapat dipahami dan dimengerti sehingga menumbuhkan minat pembaca sehingga menimbulkan proses timbal balik antara pembuat laporan dengan pembaca.

• Jenis-jenis laporan

a) Lisan : Laporan berita dan laporan langsung

b) Tertulis : Laporan tahunan, laporan khas, laporan prestasi, laporan penilaian, laporan praktikum, laporan kajian, laporan kerja, dan laporan aktiviti.

• Fungsi laporan

1. Wujud dari tanggung jawab pelapor terhadap tugas yang diberikan.

2. Alat untuk memperlancar kerja sama dan koordinasi maupun komunikasi yang saling mempengaruhi antar perseorangan dalam organisasi.

3. Alat membuat anggaran, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, maupun pengambilan keputusan.

4. Alat menukar informasi yang saling dibutuhkan dalam pekerjaan.

• Penulisan laporan/sistematikanya :

a) Pengumpulan data dan fakta

b) Pemindahan tabulating data dan fakta

c) Membuat kerangka laporan :

1. Pendahuluan

2. Tubuh laporan : permasalahan, batasan masalah, hipotesa, latar belakang teori, bagian, bab-bab, subab-subab, dsb.

3. Saran-saran

4. Kesimpulan dan penutup

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: